Sepatu Terlama

sepatu terlama

Sepatu tertua ditemukan sampai saat ini adalah sandal ditemukan di beberapa Archaic (~ tahun 6500-9000 pb) dan beberapa Paleoindian (~ 9000-12,000 tahun bp) situs di barat daya Amerika. Puluhan sandal periode Archaic itu ditemukan oleh Luther Cressman di situs Rock Fort di Oregon , langsung-tanggal ~ 7500 BP. Fort Rock-gaya sandal juga telah ditemukan di lokasi tanggal 10,500-9200 kal BP di Cougar Mountain dan Gua Catlow.

 
Lain termasuk Chevelon Canyon sandal, langsung-tanggal untuk 8.300 tahun yang lalu, dan beberapa fragmen pintal di Gua Daisy situs di California (8.600 tahun pb).
Di Eropa, pelestarian belum sebagai kebetulan. Dalam Paleolitik Atas lapisan dari situs gua Grotte de Fontanet di Perancis, jejak kaki tampaknya menunjukkan bahwa kaki memiliki sepatu sandal seperti menutupi di atasnya. Sisa-sisa kerangka dari Sunghir situs Paleolitik Atas di Rusia (ca 27.500 tahun pb) tampaknya memiliki perlindungan kaki. Yang didasarkan pada pemulihan manik-manik gading ditemukan di dekat pergelangan kaki dan kaki penguburan.
Sebuah sepatu lengkap ditemukan di Gua Areni-1 di Armenia, dan dilaporkan pada tahun 2010. Itu adalah sepatu sepatu sandal-jenis, kekurangan menggoda atau tunggal, dan telah tanggal ke ~ 5500 tahun BP.

Bukti untuk Gunakan Sepatu di Prasejarah

Bukti awal untuk penggunaan sepatu didasarkan pada perubahan anatomis yang mungkin telah dibuat oleh sepatu kenakan. Erik Trinkaus berpendapat bahwa alas kaki memakai menghasilkan perubahan fisik di jari kaki, dan perubahan ini tercermin dalam kaki manusia dimulai pada masa Paleolitik Tengah. Pada dasarnya, Trinkaus berpendapat bahwa sempit, gracile falang proksimal tengah (jari kaki) dibandingkan dengan anggota tubuh bagian bawah cukup kuat menyiratkan "isolasi mekanik lokal dari pasukan reaksi tanah selama tumit-off dan kaki-off."
Dia mengusulkan alas kaki yang digunakan kadang-kadang oleh kuno Neanderthal dan manusia modern awal di Paleolitik Tengah , dan konsisten oleh manusia modern awal oleh Paleolitik Muda tengah.
Bukti awal ini morfologi kaki mencatat sampai saat ini adalah pada 1 gua Tianyuan situs di Fangshan, Cina, sekitar 40.000 tahun yang lalu.